News Update!

Sabtu, 11 Juni 2016

KARTAR OPEK SUMBERSUKO BERSAMA MITRA GELAR GREBEK SAMPAH DI SUNGAI KEPULUNGAN



"Memang kami sangaja mengambil momen yang tepat bekerjasama dengan SMKN 1 Gempol dengan melakukan grebeg sampah yang kami gelar beberapa waktu lalu menjelang bulan Ramadhan, Ramadhan identik dengan bersih dan suci, Lingkungan pun juga demikian harus mendapatkan sentuhan agar bersih dan juga terbebas dari sampah," tutur  Toni selaku Pembina Kartar Opek Sumbersuko 

Dalam rangka sosialisasi, edukasi dan pembentukan kader lingkungan hidup oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan digelar suatu kegiatan yang tak asing lagi bagi Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kabupaten Pasuruan yaitu, Grebeg Sampah Sungai.


Kali ini, FKPL Kabupaten Pasuruan bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Gempol dengan membersihkan sampah sungai Kepulungan Gempol yang dilaksanakan pada Sabtu (04/06) pagi dengan dibantu oleh beberapa aktivis peduli lingkungan seperti Karang Taruna Opek Gempol, Karang Taruna Bintang, Relawan Aqua, Yayasan Alam Hijau dan sejumlah Laskar Pasuruan Maslahat serta didukung oleh Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Kabupaten Pasuruan dll. 


Turut hadir Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi, Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Komisi C Samsul Hidayat dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan Ir. Muchaimin, Camat Gempol Drs. H.M. Ridwan. 

Dalam sambutannya, Ir. Muchaimin mengatakan bahwa pendidikan lingkungan sangatlah penting, Apalagi kali ini melibatkan SMK Negeri 1 Gempol yang juga termasuk salah satu sekolah program adiwiyata dan penyelenggaraannya langsung dilakukan oleh siswa dan siswi, Dengan begitu mereka akan tahu bahwa menjaga dan membersihkan sungai sangatlah penting agar tidak terjadi banjir.

"Sangatlah penting menjaga sungai dan membersihkan sampah yang ada disana, Selain itu juga dapat mengurangi resiko terjadinya banjir," kata Muchaimin dalam sambutannya. 

Kegiatan itu merupakan salah satu penanda bahwa dengan menyambut bulan suci Ramadhan, FKPL mempunyai inisiatif untuk tergerak merealisasikan keinginan SMK Negeri 1 Gempol dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan terbebas dari sampah.

Fatoni, Ketua Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kabupaten Pasuruan saat ditemui Sketsa Pandaan, Rabu (08/06) menjelaskan bahwa bulan puasa identik dengan suci dan bersih, Tak hanya jiwa raga yang bersih tetapi lingkungan juga harus bersih dan terbebas dari sampah.


0 comments:

Posting Komentar

Silahkan di komentari yang sopan dan santun, komentar langsung muncul disini, pilih anonymous atau lainnya, oke