News Update!

Sabtu, 01 Oktober 2022

PETUALANGAN PUNCAK LAWU HARGO DUMILAH

PADAS (Pecinta Alam dan sekitarnya - Pandaan Pasuruan)

Portal Sumbersuko Oleh tim expedisi petualangan : Aminoto, Suharto, Adim, Rofiq, Ambon, Rosid, Ilham Rio, Djarmoyo Soleh

Malam itu Kamis Wage 15 September 2022 sejenak minum secangkir kopi di teras rumah Pak Harto sekitar Jam 2 malam kami bergegas menuju semarang dari Randupitu Pasuruan ditempuh 9 jam perjalanan sampai di Semarang disana kami mempersiapkan perlengkapan yang akan kami bawa dalam perjalanan kepuncak hari Jumat siang perjalanan menuju Bascamp sampai disana pukul 18.00 WIB bermalam disana sebelum masuk bascamp magetan via Cetho ada 4 jalur menuju puncak Lawu  vie Cetho, via Cemoro Sewu via Cemoro Kandangan dan via Jogorogo

Kami memilih jalur via Cetho hari Sabtu pagi pukul 07.00 WIB dari Bascamp kami berangkat ke pos 1 dari karena dengan sejuta keindahan alam yang indah yang belum pernah aku lihat. Gunung Lawu salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa berada di ketinggian 3265 mdpl. Namun siapa sangka jika Gunung Lawu yang dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah surga bagi para pendaki Akankah aku sampai pada puncak Argodumillah?.. semoga semuanya lancar gumam dalam hatiku, Puncak Hargo Dumilah dimana prabu Brawijaya 5 pernah bertapa di atas sana sambil lamunanku menerang jauh di ufuk puncak Lawu

Jumat pagi setelah subuh kami 8 orang sampai dibascamp registrasi pendafataran perjalanan ke Pos 2 suasana begitu dingin tas ransel dipundaku begitu ringan rasanya karena begitu bahagianya hati menuju perjalan puncak yang selama ini aku impikan perjalanan ditempuh 2 jam ke pos 5, sampai pukul 17.00 WIB kami istirahat sebentar sambil menikmati indahnya hutan hutan cemara hamparan luas kulihat kota kota di bawah sana kelihat kecil rumah rumah penduduk berjajar mengingatkan itu rumahku yang dulu

Sejenal saya harus membuka lembaran peta jalur puncak yang sudah disediakan di bascamp Setiap Pintu masuk pos pendakian dimana dikelilingi oleh hutan pinus dan dapat dijadikan sebagai tempat berkemah atau camping bersama-sama kami hanya cukup istirahat dan berkemah di pos 5

Dalam perjalanan kami dituntun oleh burung jalak, 3 kali melihat burung jalan di persimpangan jalan burung jalak itu terbang ke jalur kiri maka kami mengikuti jalur kiri sesuai arahan burung jalak kami yakin burung itu menujuk arah bagi pendaki yang berniat baik dan tulus ihklas

Sampailah di padang sabana. Terbagi menjadi tiga tempat savana, yaitu bulak peperangan, gupakan menjangan, dan gupakan macan. Padang savana yang luas dilengkapi dengan bukit bukit kecil dengan pepohonan pinus berjejer rapih di lembah perbukitan sebagai peneduh mampu membuat suasana begitu indah dan natural

Isitrahat sebentar di petirtaan Prabu Brawijaya 5 tempat dimakan prabu Brawjiaya moksa sebuah kolam dengan pancuran air bening bersih dan suci

Perjalanan menuju Pasar Dieng, kami ditemani vegetasi yang unik bernama Cantigi. Hijaunya rerumputan ditambah merahnya daun membuat pandangan dan pikiran lebih tenang, lelah pun sirna.Pemandangan yang ditawarkan Pemandangan tersebut dikenal atau disebut oleh para pendaki dengan lautan awan,

Kicauan burung yang bersautan dan suara angin sepoi-sepoi begitu menyegarkan tubuh yang lelah. Ditambah dengan mekarnya bunga eidelwais disepanjang jalan, terasa terhipnotis akan nuansa alam yang indah. Dan spot yang dinanti nanti adalah gupakkan macan, dimana terdapat cekungan layaknya danau ditengah rerumputan dengan kesegaran air yang luar biasa.

Minggu jam 05.30 pagi Terlepas dari itu semua ada keunikan sebuah bangunan kecil itu adalah Warung Pecel Mbok Yem. Warung Pecel Mbok Yem ini memiliki masakan yang membuat para pendaki tertarik untuk menikmati dan mendaki Gunung Lawu. Bagaimana tidak, Warung Pecel Mbok Ye mini terdapat di puncak Gunung Lawu dan menjadi satu-satunya warung yang mampu buka di puncak. Warung Pecel Mbok Yem ini berdiri sejak tahun 1980-an.

Hari minggu sore pukul 16.30 sampailah kami di puncak Hargo Dumillah puncak indah dengan sebuah tugu berdiri ditengah kami berpose dengan teman teman. diatas puncak ternyata banyak pula pendaki dari berbagai daerah, kami beberap jam diatas puncak sambil menikmati keindahan alam.

Pukul 10 pagi kami turun dari puncak menuju pos 5 dan pukul 12.00 WIB turun menuju pos 1, alhamdulillah perjalanku lancar selamat dan sampai tujuan, setelah apa yang kami cita citakan terwujud menbawah berkah healing kenikmatan dan kebesaran akan ciptaan Tuhan yang maha Kuasa Amiin

Semoga kami bisa kembali kesana