News Update!

Rabu, 13 Januari 2016

MUSRENBANG DESA SUMBERSUKO



Portal Sumbersuko
Reporter : Slamet
 
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) desa Sumbersuko adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholders) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) tahun 2017, kegiatan ini dilaksanakan pada Senin 11 Januari 2016. Musrenbang ini mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) tahun sebelum. Dan menyaring aspirasi untuk tahun berikutnya.

pemerintah desa, bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tersedia baik dari dalam maupun luar desa. Tema tahun ini yaitu “Fokus Pembangunan  : “Pemerataan Investasi Guna Menekas Disparitas Wilayah” 

 Kepala Desa Sumbersuko memberikan wawasan tentang Dana Desa



 Camat Gempol Bpk Ridwan sedang memberi pengarahan kepada peserta

seperti yang disampaikan oleh Bpk Supaat Adnan  Kepala Desa Sumbersuko,” untuk tahun 2017 Desa kita mendapatkan sumber dana dari Pusat atau DD Rp. 600 juta, ADD 400 juta dan PAD 90 juta jumlah total sekitar 1,1 Milyar, namun demikian proses pencairannya juga melalui prosedur yang ketat sehingga dalam proses pembangunantidak terjadi hal hal yang kita inginkan, misalnya setiap usulan nanti harus masuk dalam RPJMDes dan dilanjutkan ke tingkat Kabupaten untuk di usulkan lagi melalui masing masing dinas terkait, jadi ada prosedur tertentu untuk bisa mencairakan dana desa, dengan adanya musrenbang ini diharapkan para undangan agar mengiformasikan kepada seluruh masyarakat tentang pembangunan desa Sumbersuko ini.
Selaras seperti yang disampaikan oleh Bpk Camat Ridwan, bahwa dalam acara musrenbang ini semua warga diharapkan mengusulkan apa yang menjadi unek unek sampean, misalkan soal pembangunan saran paving jalan, ibu ibu yang butuh pelatihan membuat makanan atau kerajinan lainnya, ibu ibu PKK yang aktif di masyarakat juga harus ikut andil dalam pembangunan desa masing masing.
Disampaikan pula kepada perangkat desa agar mendapat predikat bagus setiap desa kalau membayar PBB di bulan Mei setiap tahunnya


dari kiri Suwandi Kasun Wonogriyo, H. Usman Tokoh Karang Taruna, 
Ismail BPD, Arifin Kaur Pembangunan Desa
Berikut ini sebagian usulan yang di sampaikan dalam musrenbang desa Sumbersuko
Dusun Sumberingin diusulkan Mushodikin selaku Kepala Dusun:
1.      Pembangunan plengsengan di menuju kali Sumber sepanjang 100 M tinggi 3 meter usulan anggaran 100 juta
2.      Pavingisasi jalan menuju kali Sumber lebar 2,5 x 200 meter anggaran 60 juta
3.      Pembangunan jembatan area makam  8 x 2,5 meter anggaran 45 juta
4.      Pelatihan / Diklat Wartawan Jurnalistik “ Portal Sumbersuko” 20 orang @ 500.000 x 1 hari = 10 juta anggaran 10 juta (saat ini Portal Sumbersuko memiliki 4 Wartawan lepas yang bisa meliput di dusun masing-masing)
5.      Pelatihan Pembuatan Kue “Kampoeng Opak Gambir” 20 Orang x @ 500.00 = 10 juta anggaran 10 juta
Dan lain sebagaianya

                                                                          Siti Basyiroh, S.Pd Kepala Paud Nur Wakhid
                                                                              Belakang : Sri Wahyuni, S.Pd Kepala TK 9, Istiadah, S.Pd Guru TK 10



Suasananya sangat meriah, karena melibatkan beberapa komponen masyarakat, dan warga merasa bangga dengan kegiatan ini.
 Nasikhin Legok Tim Kecamatan, Suwandi Guru SMPI AL Hidayah



0 comments:

Posting Komentar

Silahkan di komentari yang sopan dan santun, komentar langsung muncul disini, pilih anonymous atau lainnya, oke