News Update!

Selasa, 03 April 2012

SISI LAIN SEBUAH PERMBERDAYAAN



Kali ini … yang jelas saya akan menguraikan aktivitas beberapa bulan belakangan setelah Program CSR yang begitu mempesona sedang di geluti dan banyak dibicarakan di desa saya .. dan alhamdulillah semua sudah terkendali sehingga menjadi wacana yang cukup memuaskan untuk pendidikan Pemberdayaan masyarakat bagi generasi bangsa terutama diri saya sendiri.
Menindaklanjuti program yang sedang berlangsung sekitar bulan Pebruari 2012 saya di hubungi Bpk H. Samsul dari Madura selaku pengepul bahan aneka rongsokan dia mengkonfirmasikan kepada saya bahwa dia siap membeli barang-barang bekas dari semua Perusahaan di Desa Sumbersuko melalui Karang Taruna kami menguntungkan dari kedua belah pihak untuk tetap menjalin diplomasi.
Dari kontek pengalaman seperti ini saya menganggap ini sebuah perkembangan yang luar bias .. perlu di ketahui juga bahwa aktifitas saya makin melebar di mana dulunya hanya sebagai kader Pemberdayaan Masyarakat Desa KPMD, sekarang malah ada yang nawarin bisnis tentu hal ini sangat menguntungkan bagi saya namun jika saya kurang tepat menanggapi baik dalam praktik bermasyarakat hendaknya hal ini menjadi pemicu perbuatan Nepotisme .. yaitu pemberdayaan yang sekaligus mencari keuntungan dibalik proses pemberdayaan itu sendiri .. hal ini perlu di sadar bahwa jatuh dan tegaknya seorang kader pemberdayaan adalah mereka yang tau mana batasan – batasan positif yang bersifat membangun dan bersifat bisnis .. bisa bias saya terkena getahnya sendiri … mungkin saja jika saya terus untuk memindak lanjuti bisnis limbah atau afalan tanpa membatasi diri  dengan membetuk kader-kader maupun meberdayakan warga miskin untuk ikut terjun dalam sebuah bisnis dimana hal ini saya sendiri sebagai fasilitator yang memberdayai maka dimungkinkan hal ini tidak berjalan lama … ya.. suatu saat saya akan bosan untuk hidup memberdayakan warga  karena saya harus memberdayaan diri dankelurga .. hal inilah yang saya takutkan … semoga saya tetap berada dalam jalur pemberdayaan yang bermoralkan pancasila dan UUD.
Kita kadang menyadari bahwa dibalik aktifitas kita sebagai pemberdayaan di situ terdapat pula peluang-peluang usaha yang akan membuat diri kita kenyang .. maka hal ini tidak akan efektif dalam segala suasana …
Wassalam    

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan di komentari yang sopan dan santun, komentar langsung muncul disini, pilih anonymous atau lainnya, oke