News Update!

Sabtu, 01 Juni 2019

MOMENT KEAKRABAN YASPIA DENGAN LEMBAGA SMPI & MI


Portal Sumbersuko : M. Masyhudi Luthfi*
----------------------------------------------------


Jumat sore kemarin, menjelang malam dua puluh tujuh ramadhan, di pelataran SMPI Al-Hidayah, tepatnya di depan kantor Kepala Sekolah digelar acara buka bersama antara Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Al-Hidayah (Yaspia) dengan para kepala lembaga beserta dewan gurunya masing-masing baik dari SMPI maupun dari MI.

Kegiatan ini dikemas cukup sederhana. Beralaskan terpal dilapisi karpet dengan format lesehan, menjadikan suasana lebih akrab karena antara pengurus, guru SMPI dan MI yang berjumlah 40-an orang membaur menjadi satu.


Tepat jam 16:40, acara dibuka oleh Pak Rofid selaku MC dengan diawali pembacaan Ummul Qur'an, lalu mempersilahkan Pelindung Yaspia Bapak Supa'at Adnan memulai sambutan. Di samping sebagai Pelindung Yaspia, beliau juga Kepala Desa Sumbersuko. Sehingga isi sambutannya senantiasa mengajak jajaran yayasan untuk selalu berkomunikasi dengan pihak pemerintah desa. "Hal yang sudah terjalin dengan harmonis selama ini hendaknya dipertahankan", tutur beliau.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Pembina Yaspia, Bapak H.M Yusuf. Beliau berharap pengurus baru ini dapat lebih meningkatkan kinerjanya sehingga membuat Yaspia semakin maju yang berimbas terhadap kesejahteraan para guru. "Begitu juga sebaliknya, ketika kesejahteraan semakin meningkat, kualitas dan kinerja guru harus makin ditingkatkan", pungkas beliau.


Acara berlangsung cukup gayeng dan penuh keakraban. Hal ini yang diharapkan pengurus Yaspia sehingga tidak ada gap antara guru SMPI maupun MI karena semua bernaung dalam satu yayasan.

Sambutan terakhir dibawakan Ketua Yaspia, Bapak DR. Khumaidi, M.Si. Di awal sambutan, beliau memperkenalkan kepada dewan guru seluruh nama-nama yang ada di dalam jajaran Yaspia mulai dari Pelindung, Pembina, Pengawas, serta Pengurus Yaspia.

Beliau juga menyampaikan alur atau hierarki komunikasi antara pengurus dan lembaga agar tidak terjadi potong kompas. Semua dikembalikan kepada job des atau tugas masing-masing supaya tidak timbul masalah di kemudian hari. Beliau menuturkan bahwa hampir semua yayasan yang bermasalah karena seringkali potong kompas karena komunikasi tidak sesuai alurnya.

Waktu makin beranjak menuju senja. Ketika adzan Maghrib kurang lima menit, H. Muhyiddin selaku Pengawas Yaspia sekaligus Takmir Masjid At-Taufiq Sumberingin, memimpin doa menjelang berbuka.

Tepat jam 17:21, adzan Maghrib berkumandang dari Masjid At-Taufiq yang lokasinya di seberang SMPI. Seluruh undangan dipersilahkan menikmati hidangan di salah satu ruangan SMPI yang sudah disiapkan pihak Pengurus Yaspia dan dibantu penataannya oleh guru-guru baik dari SMPI maupun MI.

Beberapa minuman pembuka seperti teh hangat dan es buah siap dinikmati. Tampak pula di meja prasmanan tergelar gule dan sate kambing yang dipesankan di Warung Barokah Pandaan. Bagi yang alergi makanan berlemak, telah disiapkan makanan lalapan oleh salah satu orang tua Pengurus Yaspia. Ada ikan mujaer, lele goreng, tempe bacem yang dilengkapi dengan sayur mayur khas lalapan serta kerupuk sebagai pelengkapnya. Penataan kursi prasmanan model U-Shape atau letter U mengelilingi meja prasmanan memudahkan para undangan untuk menambah porsi makanannya.

Terakhir sebelum berpisah, seluruh jajaran Yaspia memperoleh bingkisan. Begitu juga guru-guru SMPI yang pembagiannya memang menunggu momen acara buka bersama jajaran Yaspia ini. Namun untuk guru-guru MI sudah dibagikan sejak awal karena tidak tahu kalau ada acara buka bersama.

Semoga ke depan, seluruh jajaran Yaspia, Kepala Lembaga baik dari SMPI maupun MI serta seluruh dewan guru makin kompak untuk melangkah bersama di bawah naungan payung Yaspia.

*) Bendahara Yaspia

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan di komentari yang sopan dan santun, komentar langsung muncul disini, pilih anonymous atau lainnya, oke