News Update!

Rabu, 22 Mei 2019

TARAWIH KELILING (TARLING) PEMDES SUMBERSUKO

Portal Sumbersuko :
Moh. Masyhudi Luthfi
-----------------------------


Kegiatan tarling merupakan rutinitas tahunan di bulan Ramadhan yang selalu dilakukan oleh pemerintah Desa Sumbersuko sebagai wadah komunikasi antara pihak pemerintah dan masyarakat di masing² dusun yang ada di wilayah Sumbersuko.

Selasa tanggal 21 Mei 2019 giliran Dusun Sumberingin disambangi jajaran pemerintah desa Sumbersuko yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa bersama beberapa Kepala Teknik Kewilayahan atau Kasun, Ketua RW, Ketua RT beserta tokoh-tokoh masyarakat yang tersebar di berbagai dusun di Desa Sumbersuko. Tidak ketinggalan pula Babinsa Sumbersuko, Bapak Pelda Tamam yang rutin mengikuti dari tahun ke tahun.

Bertempat di Masjid At-Taufiq, kegiatan yang berlangsung setelah shalat tarawih ini penuh sesak dengan jamaah. Masjid dengan kapasitas di bagian dalam atau utama sebanyak 200-an jamaah ini meluber sampai ke bagian selasar masjid.


Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Suwandi, S.PdI selaku pembawa acara tetap kegiatan tarling kali ini.

Sambutan sekaligus ceramah agama disampaikan oleh Ketua Takmir Masjid At-Taufiq, H. Muhyiddin. Setelah mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan dari Pemerintah Desa Sumbersuko, beliau menjelaskan tentang bulan Ramadhan yang dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Sepuluh hari pertama sebagai bulan penuh rahmat (rahmah). Sehingga kita diharapkan untuk senantiasa berdoa dan beribadah agar memperoleh rahmat-Nya.

2. Sepuluh hari kedua sebagai bulan penuh ampunan (maghfirah). Di fase kedua ini kita dianjurkan untuk memperbanyak sholat malam, dzikir, serta bermuhasabah atau taubatan nasuha. Karena di sinilah kesempatan kita untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.

3. Sepuluh hari terakhir adalah pembebasan dari siksa api neraka ('itqun minan naar) sehingga kita diharapkan memperbanyak berdoa agar kita senantiasa dihindarkan dari api neraka. Di etape ketiga ini disinyalir terdapat malam Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan terutama di malam-malam ganjil.

Memasuki acara ketiga yang merupakan acara inti, yaitu sambutan dari Kepala Desa Sumbersuko, Bapak Supa'at Adnan.
Sebagai kepala pemerintahan beliau mengawali dengan himbauan untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) mengingat bulan ramadhan merupakan bulan yang rawan akan tindak kejahatan karena warganya sibuk beribadah.

Poin kedua, beliau menyampaikan tentang mekanisme pemilihan Kepala Teknik Kewilayahan atau yang dulu kita kenal dengan sebutan Kepala Dusun (Kasun). Hal ini penting beliau sampaikan supaya tidak ada kesalahpahaman di masyarakat karena ada perbedaan dalam proses pelaksanaannya.

Kalau dulu, dipilih langsung oleh warganya, sekarang berdasarkan aturan baru yaitu Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 bahwa Kepala Teknik Kewilayahan dipilih setelah lolos uji kompetensi yang diselenggarakan oleh panitia pemilihan. Dan yang lebih penting lagi, usia dari calon yaitu antara 20 sampai 42 tahun. Kurang atau lebih dari usia tersebut meskipun hanya satu hari, tentu tidak akan lolos di seleksi administrasi.

Terakhir, beliau menyampaikan bahwa Bulan Desember 2019 masa jabatan beliau akan berakhir. Sebagai etika seorang pemimpin yang lumrah dilakukan oleh para pemimpin lainnya, atas nama jajaran pemerintah Desa Sumbersuko, beliau mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan selama menjabat sebagai kepala desa. Begitu juga sebaliknya, jika ada masyarakat yang mempunyai kesalahan, beliau dengan lapang dada memaafkan.

Acara dipungkasi dengan ramah tamah di kediaman Hj. Riati. Seluruh rombongan dan jamaah shalat tarawih dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan.

Semoga acara tarling ini menjadi agenda rutin sebagai media komunikasi antara pihak pemerintah dengan masyarakat supaya tidak mudah terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman yang berujung pada perpecahan antar warga.

*)Moh. Masyhudi Luthfi
Jama'ah Masjid At-Taufiq

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan di komentari yang sopan dan santun, komentar langsung muncul disini, pilih anonymous atau lainnya, oke